karangbawang-PAKUJATI

Senin, 01 Maret 2010

The Healing Power of Hypnotherapy



Hipnotherapi diakui sebagai sebuah terapi yang berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Sebuah metode lama yang semakin mendapat tempat dalam pengobatan modern.

Setiap orang pasti mendambakan kesehatan fisik dan emosional  untuk dapat menjalankan ragam aktifitas kehidupan.
Meski demikian, terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit dan gangguam kesehatan, misalnya lingkungan tak sehat, stress dalam kehidupan dan sebagainya.
Jenis penyakit yang tergolong dalam kelompok psikosomatis memerlukan terapi psikologis khusus disamping pengobatan medis, yakni menyembuhkan sisi kejiwaan dengan memperbaiki sikap mental dan kebiasaan lama yang dijalani sebelumnya.
Diharapkan akan terbangun sikap mental baru yang dapat merubah kebiasaan lama yang tak diharapkan, dan mempercepat kesembuhan penyakit yang diderita.

Sebuah teknik penyembuhan yang kini sedang marak dibicarakan adalah hipnoterapi ( hypnotheraphy )
berasal dari bahasa Yunani, hypnos (tidur) teknik ini telah ada sejak  2600 SM dalam pengobatan tradisional cina, berkembang pesat di abad 17 dengan tokoh Frank Anton Mesmer yang melahirkan istilah mesmerize, dan kembali mencuat di paruh abad 20, dengan tokoh terkenal Milton H. Erickson. Teknik ini berintikan metode hypnosis, yakni menciptakan kondisi bawah sadar ( trance) relaksasi dan sugesti menciptakan aura positif bagi yang menjalaninya.

Menurut teori psikologi, saat sesuatu hal baru terjadi dalam kehidupan seseorang, otak akan mengingat dan mempelajari perilaku tertentu sebagai respon pada kejadian tersebut.
Memori yang tertanam dalam otak menyimpan reaksi fisik dan emosi mula-mula yang terjadi saat itu.
Tiap kali kejadian tersebut berulang, yang muncul reaksi fisik dan emosional yang tertanam dalam memori.
Teknik hipnoterapi pada dasarnya adalah teknik penyusunan ulang respons bagi setiap kebiasaan atau gejala yang negatif.
Dalam terapi hipnosis, seseorang akan diminta mengingat kejadian yang memicu reaksi, memisahkan memori dari perilaku yang dipelajari, dan menyusun ulang kejadian dengan asosiasi baru dan positif.

Terdapat beberapa tahapan dalam hipnisis, dimulai proses penciptaan kembali masalah dalam pikiran, lalu relaksasi ketika kondisi fisik menjadi tenang sementara fikiran tetap fokus dan siap menerima sugesti positif, kemudian penyerapan yakni menerima kata-kata atau gambaran yang di inginkan, kemudian mengosongkan fikiran, lalu kembali ke kesadaran dan merefleksikan semuanya.
Penting dicatat, kondisi hipnosis adalah  kondisi yang tercipta murni atas kemauan sendiri dan tidak dapat di intervensi orang lain.
Teknik hipnoterapi dapat dilakukan ahli terapi yamg dikenal sebagai hipnoterapis, maupun secara mandiri tanpa bantuan orang lain.
Dalam sesi terapi empat mata, antara hipnoterapis dengan pasien, ahli terapi bertugas menuntun pasien mencapai respons psikologis dan fungsi tubuh yang diharapkan.
Awalnya pasien diberi penjelasan manfaat hipnoterapi.
Lalu pasien diminta menciptakan kondisi relaks, misalnya berbaring dengan santai sementara perhatian dialihkan dari kondisi sekitarnya serta memfokuskan diri pada pernafasan hingga tercapai tingkat relaksasi yang kian dalam.
Saat kondisi yang diinginkan tercapai,ahli terapis mulai mensugestikan hal positif yang ingin diwujudkan, misalnya untuk perokok, diberi sugesti pentingnya menjauhi rokok.
Setelah beberapa saat, perlahan ahli terapis akan mengarahkan kembali pasien menuju kondisi relaks dan akhirnya ke kesadaran utuh.

Saat ini teknik hipnoterapi banyak digunakan dalam praktek psikiatri untuk menyembuhkangejala penyakit kronis, sangat bermanfaat membantu masa penyembuhan, memperbaiki kondisi mental sebelum operasi dan mengurangi kekhawatiran dan rasa nyeri.
Dalam masa penyembuhan dapat mengurangi ketergantungan pada obat-obatan medis.
Hipnoterapi yang dilakukan secara mandiri berguna mengelola kontrol diri.
Penyakit seperti obesitas, asma, kebiasaan menahun seperti mengompol juga dapat diatasi.
Selain itu tercatat beragam manfaat lain dalam menanggulangi gejala insomnia, kecanduan, phobia, migraine, stress, kelebihan berat badan, aenorexia dan sebagainya.

Tip melakukan Self-hypnosis :
Teknik hipnoterapi dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain ( self-hipnosis)
Untuk itu ada 4 tahapan yang dilakukan.
Pilih tempat yang tenang, pastikan tubuh nyaman dan bernafas santai.

Mata terpejam, penuh konsentrasi dan pusatkan perhatian pikiran pada satu objek atau bayangan visual.
Selanjutnya rasakan sensasi tenang, relaks dan lepaskan semua beban persoalan.

Selanjutnya secara bertahap anda memasuki tahap sadar ke kondisi bawah sadar ( subconscious )
Dalam kondisi ini memasuki sugesti yamg anda inginkan ke dalam pikiran.
Dalam kondisi ini, ijinkan pikiran bawah sadar bekerja.

Sumber CANVAS magazine.
by : TANTRA art & gallery karangbawang - PAKUJATI  march' 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar